5 Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset Keyword Pemasaran Bisnis Online

Cara Menggunakan Google Trends

cara menggunakan google trends
Cara menggunakan google trends dari google untuk riset pemasaran terutama pengusaha atau internet marketer sangat penting, sebab hal ini sangat terkait dengan model bisnis apapun terkait aktifitas dunia online, Tanpa mengetahui apa itu google trend maka dipastikan akan gagal.

Maka disini saya jelaskan yang cukup mendetail bagaimana cara saya untuk mmemutuskan apa bisnis online yang menguntungkan atau tidak, juga tidak sia-sia dalam mengerjakanya. Google trend sangat banyak gunanya, Apa saja sih, Baca dibawah ini :

Funsgi & Manfaat Google Trends
  • Untuk mengetahui trending topik hari ini sekarang lokal di indonesia atau seluruh dunia
  • Riset pemasaran daerah tujuan target
  • Riset keyword ( Kata kunci ) untuk optimasi mesin pencari ( SEO )
  • Mencari berita di google yang lagi trend sekarang
  • Terkait rencana kalau mau pasang iklan di google adwords, tapi  sekarang sudah di ganti sama keyword planner
Dan masih banyak sekali kegunaanya, tapi itulah salah satu intinya yang perlu diketahu sebelum membuat usaha online yang menguntungkan sebagai income, " modal dengkul, untung sebakul, asal jangan ngibul "

Bisnis Online Yang Menguntungkan

Menurut orang awam tentu bingung apa saja sih yang paling menguntungkan juga tepat dalam menentukan pondasi dalam membangun bisnis ?? Nah maka dari itu jika bergerak dalam industri tertentu tapi target pasar atau market melalui internet, Maka perlu sekali bagaimana cara menggunakan google trends. Untuk topik kita kali ini akan saya berikan contoh riset pemasaran lengkap sama panduan, Tapi sementara basic dulu, karena waktu saya tidak begitu banyak.

Langkahnya :

1. Pergi ke Google Trends atau bisa klik https://www.google.com/trends/explore
2. Setelah itu lihat 4 kotak yang saya beri warna berbeda pada gambar antara lain Merah, Hijau, Kuning, Ungu
Panduan cara riset pemasaran di google trend indonesia

3. Lihat berdasarkan warna

- Merah : Untuk memilih negara tujuan
- Hijau : Rentan waktu, biasanya saya menggunakan 12 bulan terakhir, tapi untuk riset bisnis niche tertentu ada triknya, insya alloh kalau waktu ada, akan saya share.
- Kuning : Kategori niche ( pasar ) untuk pemula biarkan standart saja, jika nanti sudah paham bisa di coba sendiri
- Ungu jenis penelusuran

- Penelusuran google target ke search listing ( jika kita mencari sesuatu di kotak penelusuran web)
- Penelusuran google gambar untuk mencari jenis gambar apa yang di cari orang di google image
- Penelusuran berita yang jadi trending topik sekarang untuk keperluan riset blog publisher
- Penelusuran Belanja ( orang beli apa saja dan mencarinya melalui google )
- Penelusuran Youtube untuk melihat Video apa saja yang banyak di cari juga di tonton orang

4. Sebagai case study saya kasih contoh riset keyword untuk adsense, Niche Mobil target pasar indonesia.

cara riset keyword adsense google trends

5. Di kotak kiri itu tulis ide pertama kali, misalnya merk mobil misalnya mobil xenia, avanza, jazz langsung saja ketik di kotak pencarian, perhatikan grafiknya, kalau seperti gambar di atas berarti bagus.

penelusuran google trends


Video Tutorial Google Trends Riset Pasar Bisnis Paling Mudah



Saya kira cukup sampai disini, jika kurang paham bisa tulis kotak komentar dibawah ini :









Mengenai Saya :

Judul Artikel : 5 Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset Keyword Pemasaran Bisnis Online
Di Tulis Oleh : Heri Fausantosa
Di Terbitkan : Rabu, 24 Februari 2016, 01.41
Ratings : 5 dari 5
Biografi : Awal karir di Internet marketing tahun 2011 sebagai affiliate amazon.com, Adsense google publisher 2013.


4

  1. Terimakasih master heri..
    Cocok sekali artikelnya buat saya seorang noobie yg baru mulai belajar menentukan niche.
    Ditunggu petunjuk selanjutnya master ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah, ya do'akan saja supaya ane nggk males nulis :D

      Hapus
  2. Kemarin ada videonya, sekarang udah gak ada..
    Kemanaaaa kemanaa kemanaaa
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih tuh, saya cmn nubi cibi cibi itung itung buat diary ajaah :D

      Hapus